Ada Oknum Anggota Dewan Jadi Calo Pegawai Pemkab

CPNS 2017 – Mekanisme penerimaan pegawai tidak tetap (PTT) di Pemkab Bandung Barat hingga saat ini masih tidak jelas. Ketidakjelasan itu dimanfaatkan banyak orang, termasuk oknum anggota dewan, yang memaksa SKPD merekrut tenaga PTT. Celakanya, beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Bandung Barat justru sebenarnya tak memiliki anggaran untuk itu.

Seorang pejabat eselon IV di Sekretariat Daerah Pemkab Bandung Barat mengeluhkan tenaga PTT titipan dari oknum anggota dewan tersebut. Ia menolak disebutkan identitasnya dengan alasan keamanan. Ia ditemui di Ngamprah, Selasa 9 Mei 2017.

Yang menjadi masalah, kata dia, penggajian bagi PTT tambahan itu mesti menyisihkan anggaran dari sejumlah kegiatan. Padahal, penganggaran untuk berbagai kegiatan sudah disusun sejak tahun lalu, sebelum APBD 2017 ditetapkan.

Calo Pegawai Pemkab

“Di bagian ini ada empat orang PTT yang baru. Mau menolak juga bagaimana, karena dewan yang meminta dimasukkan. Enggak tahu gimana nanti bayar gajinya, kan enggak ada di DPA,” kata dia megeluhkan. Seharusnya, kata dia, kalau mau ada penambahan PTT harusnya diusulkan sejak pertengahan tahun lalu.

Seorang sekretaris dinas yang juga enggan dikutip namanya membenarkan fakta itu. Menurut dia, banyak PTT di Pemkab Bandung Barat yang merupakan titipan oknum anggota dewan. Meskipun begitu, dia mengaku berani menolaknya, dengan alasan bahwa di dinasnya tak memerlukan tenaga tambahan.

“Di dinas lain mungkin ada, tapi di dinas kami enggak ada tambahan PTT untuk tahun ini. Memang ada oknum anggota dewan yang suka menitipkan orang, tapi saya tolak karena tidak butuh tenaga baru. Pegawai yang ada saja diefektifkan. Di sekretariat dewan malah ada 70-an PTT, yang kebanyakan titipan semua. Pegawai sebanyak itu buat apa coba,” katanya.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bandung Barat, pada awal 2017 ini terdapat 2.489 PTT di Pemkab Bandung Barat, belum termasuk guru. Jumlah itu lebih banyak 144 orang dibandingkan jumlah PTT pada akhir 2016. Adapun tenaga honor guru dan tata usaha di SD dan SMP negeri berjumlah 7.832 orang.

Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bandung Barat Faizal Firdaus unjuk bicara tentang hal itu. Menurut dia, mekanisme penerimaan PTT diserahkan kepada setiap SKPD, selaku instansi yang mempunyai kegiatan masing-masing. Walau demikian, penambahan atau pengurangan perlu dilaporkan kepada BKPSDM, karena mereka akan diberikan jaminan kesehatan.

“Penerimaan PTT enggak pakai seleksi dari BKPSDM, karena itu sesuai kebutuhan di masing-masing SKPD. Proses penerimaannya juga ada di masing-masing SKPD. SKPD kan ada kegiatan, butuh personel, sedangkan SKPD kekurangan orang karena enggak ada penerimaan CPNS. Jadi, untuk sementara menggunakan PTT,” katanya.

Dia mengaku tidak tahu total anggaran yang disiapkan Pemkab Bandung Barat untuk menggaji para tenaga PTT, karena datanya ada di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah. Akan tetapi, dia menyebutkan bahwa PTT lulusan sarjana digaji Rp 1,75 juta per bulan, sedangkan lulusan SMA digaji Rp 1,65 juta per bulan.

Dikonfirmasi melalui telefon, Ketua DPRD Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengaku tidak tahu dengan kabar yang menyebutkan bahwa oknum dewan kerap menitipkan PTT. “Sampai hari ini anggota dewan, satu pun, tidak pernah mendengar itu. Kalau ada keluhan dari SKPD, ya jangan diterima saja. Kalau anggarannya enggak ada, ya jangan diterima. Jangan takutlah, kalau memang normatifnya tidak bisa,” katanya.

Dia menekankan, anggota dewan tak boleh memaksakan penerimaan cpns PTT, karena keberadaan mereka harus disesuaikan dengan anggaran dan pekerjaannya. Selain itu, mekanisme penerimaan cpns mereka pun perlu ditata lebih baik lagi.

“Seharusnya kan terbuka semua, diumumkan penerimaan PTT-nya, lalu ada parameter yang jelas. Namun, di Bandung Barat itu kan segala hal seringkali tidak tertata rapi,” tuturnya.***
Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/05/09/ada-oknum-anggota-dewan-jadi-calo-pegawai-pemkab-400857

Leave a Reply