Butuh 2.000 Pegawai, Sidrap Berpeluang Buka Seleksi CPNS 2017

Berdasarkan tingkat kebutuhan aparatur, Kabupaten Sidrap masih kekurangan sekira 2.000 orang pegawai. Karena itu, daerah yang sudah dua periode dipimpin Rusdi Masse (RMS) itu berpeluang melaksanakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri (CPNS) tahun ini. 

Selain karena masalah kekurangan jumlah PNS sejak 2012 lalu, Sidrap juga memenuhi syarat komposisi belanja pegawai di bawah 50 persen.

“Total belanja pegawai kita jauh di bawah 50 persen total APBD tahun 2017 sebesar Rp1,3 triliun,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidrap, Hijas, Selasa (16/5/2017).

Sesuai kajian analis jabatan kerja (ABK) dan kepangkatan 2012 lalu, kata Hijas, Sidrap membutuhkan tambahan PNS baru minimal 2.000 orang lagi selama 5 tahun. 

Jumlah PNS yang dimiliki Pemkab Sidrap saat ini, beber Hijas, kurang lebih 6.000 orang, “Itu belum dihitung PNS yang pensiun tiga tahun terakhir,” kata Hijas.

Kepala Bidang Mutasi BKD Sidrap, Faizal Sehuddin menambahkan, potensi seleksi CPNS di Sidrap tahun ini tetap terbuka. “Sepanjang kajian ABK dan kepangkatan yang baru cepat diproses, itu bisa. Data terbaru kebutuhan PNS harus diperbaharui di pusat,” ujar Faizal.

Proses pengkajian ABK dan Kepangkatan untuk Sidrap, kata Faizal, kini dalam proses di Bagian Organisasi Setda Sidrap. 

Pengkajian ABK dan Kepangkatan tersebut paling cepat rampung tiga sampai empat bulan, “Itu kalau dilakukan secara serius,” jelas Faizal.

Pengadaan CPNS di Sidrap, sebut Faizal, terakhir dilaksanakan 2014 untuk formasi umum. Saat itu, ada penambahan PNS sebanyak 57 PNS baru.

Bupati Sidrap, Rusdi Masse tidak mempermasalahkan wacana pengadaan CPNS itu. “Kalau memang memungkinkan dan itu kebutuhan, silakan diproses,” ujar Rusdi Masse.

Leave a Reply