Cara Menjawab Soal Ujian CAT CPNS

Ada banyak cara dapat dilakukan agar dapat lulus seleksi CPNS online . Sebelumnya kita sudah membahas Tips Lulus CPNS di website ini, kali ini saya ingin berbagi Trik Mengikuti Ujian CAT CPNS Agar Lulus CPNS.

Materi tes CPNS ini ada 2, yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Seluruh peserta seleksi CPNS  wajib mengikuti TKD secara online menggunakan aplikasi CAT baik CAT UKG maupun CAT BKN. Adapun TKB, instansi yang menerima CPNS boleh menyelenggarakannya, boleh juga tidak. Dan bentuk TKB ini beragam. Dapat berupa wawancara, tes tulis atau bahkan tes secara online kembali.

Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah trik menjawab soal ujian CAT, yang mengujikan TKD kepada seluruh peserta seleksi CPNS tahun 2014. Materi TKD berjumlah 100 soal, dengan waktu pengerjaan selama 90 menit. Tentu saja kita tidak bisa merata-ratakan lamanya waktu mengerjakan 1 soal, disebabkan tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda, untuk itu perlu kita pelajari triknya.

Soal dikelompokkan dalam 3 kelompok yaitu :
1.Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Jumlah soal TKP adalah 35 soal. Tes ini menguji kemampuan seseorang untuk masalah adaptasi dan berprestasi. Memiliki range nilai 1 sd 5. Setiap opsi jawaban memiliki nilai, jadi WAJIB MENJAWAB SOAL TKP. Sebab jika tidak dijawab maka dipastikan nilainya 0 (nol). Tetapi jika dijawab, masih berpeluang untuk memperoleh nilai 1 sd 5. Nilai total TKP harus melewati batas 70. Sebab nilai TKP yang kurang dari 70 dinilai tidak mempunyai karakteristik yang memadai dan susah untuk dikembangkan.
2.Tes Intelegensia Umum (TIU). Jumlah soal TIU adalah 30 soal. Tes ini menguji kemampuan intelejensia seseorang.
3.Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jumlah soal TWK adalah sebanyak 35 soal. Tes ini menguji wawasan kebangsaan peserta seleksi yang terdiri dari materi-materi tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemennya, tata negara, NKRI.

Sebaiknya kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, jangan membiarkan soal kosong tanpa jawaban dan jangan menghabiskan waktu berlama-lama memikirkan sebuah soal sementara soal yang lebih mudah belum dijawab. Kita dapat kembali ke soal yang belum dijawab dengan cara mengklik tombol indikator soal. Indikator soal yang sudah dijawab atau yang belum dapat diketahui dengan tombol nomor soal yang ada dikanan layar (CAT UKG) atau di bawah layar (CAT Bkn). Soal yang belum dijawab berwarna merah, sementara soal yang sudah dijawab berwarna hijau. Jangan pernah mengakhiri ujian CAT jika belum menjawab semua soal, kecuali waktunya telah habis.

Secara keseluruhan, 60% soal TIU harus dijawab benar, 50% bagi soal TWK harus dijawab benar, dan 40% untuk soal TKP harus dijawab benar. Kalau kurang dari nilai minimum tiap kelompoknya, meskipun dua kelompok lainnya mendapat nilai tinggi, tetap tidak lulus. Setiap kelompok soal ditandai dengan kode TIU, TKP dan TKW diatas kelompok indikator soal. Jadi setiap peserta dapat mensimulasi dan berhitung perolehan nilai yang bakal diperoleh.

Leave a Reply