Contoh Soal CPNS Materi TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Contoh Soal CPNS TWK
Materi Tes Wawasan Kebangsaan

SOAL CPNS. Tentunya sangat penting bagi anda yang telah melakukan pendaftaran cpns melakukan beberapa persiapan sebelum ujian cpns, oleh karena itu untuk mengetahui lebih dalam bentuk soal-soal CPNS TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Oleh karena itu silahkan simak artikel berikut mengenai Contoh Soal Tes CPNS Tentang Wawasan Kebangsaan.

Contoh Soal CPNS TWK serta Pembahasan

Proklamasi 17 Agustus tahun 45 memiliki makna yang tentunya amat mendalam seluruh rakyat Indonesia. Proklamasi bersejarah tersebut memiliki makna seperti berikut ini, kecuali.
A. Proklamasi merupakan puncak dari perjuangan republik Indonesia yang telah berlangsung selama berabad-abad.
B. Proklamasi merupakan sebuah instrumen hukum Internasional untuk mengungkapkan kepada dunia bahwa Indonesia telah sah menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, serta dapat disejajarkan derajatnya dengan bangsa lainnya didunia.
C. Proklamasi merupakan momentum penjebolan tata hukum kolonial dan penyusunan tata hukum nasional, yakni tata hukum Indonesia.
D. Proklamasi merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia bagi terbentuknya negara Republik Indonesia.

Jawaban:
A, B, dan C merupakan jawaban yang benar.
A. Benar, karena ini merupakan sebuah puncak dari perjuangan yang sudah berlangsung selama ini. Merebut kemerdekaan menjadi sebuah momen yang teramat mendalam bagi seluruh republik Indonesia.
B. benar, karena proklamasi menjadi suatu alat/instrumen hukum Internasional untuk memberitahu kepada dunia bahwa sesungguhnya Indonesia telah menjadi sebuah bangsa yang merdeka serta memiliki daulat, dan pantas disejajarkan dengan bangsa-bangsa lainnya didunia.
C. benar karena proklamasi menjadi momentum penjebolan tata hukum kolonial serta penyusunan tata hukum nasional, yaitu tata hukum Indonesia merupakan makna yang amat dalam bagi sejarah perjuangan republik Indonesia dan dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia.
D salah, mengapa demikian? Karena “Merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia bagi terbentuknya negara Republik Indonesia” adalah bukan makna yang sangat mendalam dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia.

Contoh Soal CPNS TWK serta Pembahasan

Yang merupakan bagian dari langkah pembinaan untuk persatuan republik Indonesia, adalah:
A. Wawasan Nusantara
B. Nasionalisme Indonesia
C. Sumpah Pemuda
D. Bhinneka Tunggal Ika

Jawaban: D.
A salah, karena wawasan nusantara adalah prinsip yang terkandung dalam persatuan Indonesia, jadi bukan merupakan tahap pembinaan bangsa Indonesia.
B salah, alasannya sama dengan yang A.
C benar, karena Sumpah Pemuda merupakan salah satu tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia.
D salah, alasannya sama dengan A dan B.

Contoh Soal CPNS TWK serta Pembahasan

Peranan pemerintah menurut model pluralis adalah sebagai pihak yang:
A. Merumuskan dan mengawasi aturan permainan (rule of game) agar persaingan tidak merusak persatuan masyarakat.
B. Mengesahkan hasil kompromi berbagai kelompok yang bersaing menjadi keputusan politik.
C. Memperjuangkan kepentingan para anggota kelompok kepentingan dan menjadi perantara antara kelompok kepentingan dan pemerintah.

Jawaban: A dan B.
Peranan pemerintah menurut model pluralis adalah sebagai pihak yang merumuskan dan mengawasi aturan permainan (rule of game) agar persaingan tidak merusak persatuan masyarakat, serta mengesahkan hasil kompromi berbagai kelompok yang bersaing menjadi keputusan politik. Sedangkan pemerintah tidak berperan dalam memperjuangkan kepentingan para anggota kelompok kepentingan dan menjadi perantara antara kelompok kepentingan dan pemerintah.

Itulah beberapa contoh bentuk soal tes CPNS untuk kategori Wawasan Kebangsaan. Diharapkan anda dapat terbantu dengan contoh soal cpns twk diatas.