Guru di Riau Berlebih, Formasi CPNS Masih Diajukan

Di tengah kondisi Riau kelebihan guru bahkan mencapai 2500 berlebih berdasarkan data yang dikeluarkan dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Ternyata Pemerintah Provinsi Riau masih mengajukan formasi untuk guru Provinsi sebanyak 1.220 formasi dari 2.369 formasi yang diajukan ke Kemenpan RB.

Kondisi ini memang bertolak belakang bahkan sejumlah pihak menyebutkan Pemprov hanya mengada-ada saja soal pengajuan formasi tersebut.

“Katanya lebih kok diajukan lagi lebih dari 1000 an formasi, apa nggak dimanfaatkan yang ada aja,” ujar seorang Guru yang berstatus PNS di Pekanbaru kepada Tribun mengomentari kebijakan tersebut.

Apalagi sebelumnya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meminta Disdik untuk segera menuntaskan penataan dan pemerataan guru, sehingga pendidikan juga merata.

Karena perbedaan antara satu Kabupaten/Kota dengan lainnya terdapat perubahan jumlah guru, ada yang berlebih dan ada juga yang kurang.

Misalnya saja dua Kabupaten yang jumlahnya guru berlebihnya sangat banyak yakni Pelalawan dan Kuansing, kelebihannya bahkan hampir mencapai 1000 guru.

Dimana Kuansing berlebih sebanyak 921 guru berstatus Ngeri dan Pelalawan kelebihan 1.146 guru berstatus negeri. Sementara di Kabupaten Kepulauan Meranti kekurangan hampir 100 guru begitu juga di Indragiri Hilir.

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/05/24/guru-di-riau-berlebih-formasi-cpns-masih-diajukan

Leave a Reply