Jam Kerja Berkurang, PNS Jangan Malas-malasan Saat Ramadan

Jam kerja yang berkurang satu jam dibandingkan hari biasa, jangan dijadikan alasan pegawai negeri sipil malas-malasan. Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman Sunjaya meminta PNS tetap semangat bekerja sambil berpuasa.

Sekretaris Daerah KBB, Maman Sunjaya mengungkapkan, mulai 1 Ramadan nanti, jam kerja PNS dimulai dari pukul 8.00-15.00 WIB pada Senin-Kamis. Sementara itu, hari Jumat dimulai pukul 8.00-15.30 WIB.

“Biasanya, PNS masuk pukul 8.00, pulang pukul 16.00 WIB. Bulan puasa, pulang lebih cepat tetapi masuk tetap pukul 8.00 WIB,” katanya, Kamis, 25 Mei 2017. Menurut dia, ketentuan jam kerja selama Ramadan itu mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi No 20 Tahun 2017 tentang Jam Kerja Aparatur Sipil Negara, TNI, dan Polri selama Ramadan. 

Maman memaklumi, awal-awal puasa kondisi badan biasanya terasa lemas, tetapi hal itu tidak boleh menjadi alasan untuk menurunkan semangat bekerja. Sebaliknya, justru bulan puasa harus dijadikan momen untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja dengan niat beribadah.

Untuk menegakkan kedisiplinan pegawai, Maman mengaku akan terus melakukan pemantauan kepada para pegawai di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Jika ditemukan pegawai yang melanggar, sanksi akan diberikan, mulai dari teguran lisan hingga surat peringatan.

“Jika ada PNS yang melanggar, atasannya yang akan memberikan sanksi, mulai dari teguran, peringatan, hingga sanksi berikutnya yang lebih tinggi,” tuturnya.

Meski setiap tahun selalu ada PNS yang datang terlambat saat awal puasa, Maman berharap agar hal itu tidak terjadi lagi. Dia pun meminta agar para kepala SKPD memberi contoh yang baik bagi para anak buahnya dengan tidak datang terlambat.

“Ini juga berlaku bagi saya. Saya mau tidak mau tidak boleh terlambat. Sewktu-waktu kami akan mengadakan inspeksi untuk mengetahui kedisiplinan pegawai,” ujarnya.

Seperti diketahui, jumlah PNS di Kabupaten Bandung Barat saat ini sekitar 9.500 orang. Sebagian besar di antaranya merupakan tenaga pendidik dan kependidikan. Sementara yang bertugas di Kantor Pemkab di Ngamprah, jumlahnya sekitar 2.000 orang. ***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/05/25/jam-kerja-berkurang-pns-jangan-malas-malasan-saat-ramadan-401899

Leave a Reply