Pemerintah Pastikan Tidak ada Sogok Dalam CPNS

Pemerintah Pastikan Tidak ada Sogok Dalam CPNS. Pemerintah sepertinya akan menggenapi janjinya untuk menyukseskan seleksi CPNS 2016 yang bersih dan bebas sogokan. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi, menjamin tidak ada celah penyimpangan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saat ini. Perbaikan sistem seleksi yang dilakukan pemerintah menutup rapat kemungkinan tersebut.

Seleksi saat ini dilakukan secara terintegerasi dan di tangani oleh panitia seleksi nasional. Tim seleksi tersebut diawasi langsung oleh tim pengarah yang dianggotai oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan.

Sogok-Menyogok

Kemudian melibatkan juga Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti serta Badan Intelijen Negara (BIN). Yuddy selaku Menteri PAN-RB pun turut andil dalam tim pengarah panitia seleksi itu.
Selain itu menurut Yuddy, proses perekrutan PNS melibatkan dia secara penuh. Misalnya, dia menandatangani secara langsung kebutuhan PNS di setiap kementerian dan lembaga di pemerintahan.
“Butuh satu pegawai saja, saya yang tanda tangani. Mau nyogok berapa ke saya?” candanya.
Sebelumnya  guru besar Universitas Nasional itu mengatakan bahwa seleksi CPNS itu berbeda saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, lowongan CPNS rencananya baru akan dibuka tahun depan, karena proses administrasi di kementerian dan lembaga yang mengajukan belum lengkap.

“Kalau dulu, rekrut sebebas-bebasnya, kemudian dioper-oper. Sekarang, tidak. (Rekrutmen) dilihat dari instansinya apa, daerah mana, butuhnya apa, formasinya bagaimana, dan kapan mulainya,” jelas dia.
Berita ini tentu merupakan kabar gembira bagi kita semua, terlebih bagi kita yang selama ini diperlakukan tidak adil dalam proses rekrutmen. Tidak aadil dalam artian, menurut skor seharusnya kita layak lulus, namun karena ada oknum-oknum yang berjalan lewat pintu belakang, mau tak mau kita menjadi tidak lulus.

Tahun ini, hal seperti itu tidak akan terjadi lagi. Rekrutmen CPNS 2016 yang bersih pasti akan diberlakukan. Tidak akan ada lagi suap-menyuap. Semua yang lulus nantinya merupakan hasil dari seleksi yang sangat ketat.

Untuk itu, kita tidak boleh bersantai-santai lagi. Bagi Anda yang akan mengikuti seleksi CPNS 2016, harus memperketat persiapan Anda juga. Jangan sampai Anda gagal. Pemerintah membutuhkan PNS-PNS yang berkompeten. Karena itu Anda harus mempersiapkan diri.

Kunci kelulusan CPNS 2016 adalah mempelajari materi soal-soal CPNS terdahulu dengan baik. Berlatih soal-soal CPNS yang menggunakan sistem CAT akan membantu Anda berdisiplin dalam menjawab soal. Admin Doakan Semoga lulus CPNS 2016 Dengan Murni, sekian dan terima kasih.