Siasati Waktu di Ujian CPNS

Ujian cpns. Bagi para peserta seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya termasuk belajar dengan keras. Langkah itu guna memudahkan para peserta saat mengikuti tes tanpa membuang banyak waktu.
“Kerjakan soal yang mudah dulu. Supaya ada sisa waktu lebih banyak untuk mengerjakan soal yang lebih sulit,” ujarnya.
Dia mengatakan, setiap peserta hanya memiliki waktu kurang dari satu menit untuk mengerjakan satu soal tes yang tersedia. Artinya, para peserta harus tenang dan meninggalkan soal yang sulit untuk dikerjakan di akhir.

“Waktu tes hanya 90 menit untuk 100 soal. Cuma 43 detik satu soal. Jadi kerjakan yang mudah dulu,” ujarnya.

Dia menerangkan, tak masalah kalau peserta melewatkan soal terlebih dulu. Ada tanda yang menunjukkan soal yang telah dikerjakan dan belum.

“Kalau sulit langsung dilewat saja. Nanti masih bisa balik lagi ke soal sebelumnya. Tandanya kalau sudah dikerjakan warnanya hijau kalau belum warnanya merah,” terang dia.
Untuk transparansi, dia menjelaskan, para peserta tidak akan mengetahui jawabannya benar atau salah. Tapi setelah itu, para peserta akan mengetahui jumlah nilai tesnya.
“Nanti dicatat, untuk menjaga transparasi. Disamakan dengan hasil yang keluar dari lembaga,” katanya.

Untuk dapat menjawab soal-soal CPNS dalam waktu 90 menit atau sekitar 43 detik/soal, Anda membutuhkan pengusaan materi soal dengan baik. Tidak mungkin Anda hanya menebak-nebak saja ketika ujian berlangsung, hal itu bisa berakibat fatal. Cuma itu yang admin bisa sampaikan, semoga bermanfaat.