Sistem Ujian CAT CPNS secara online

Mulai Pelaksanaan ujian CPNS/CASN tahun 2014 wajib menggunakan aplikasi Computer assissted Test (CAT CPNS) secara online. Ujian CPNS online sendiri akan dilaksanakan di 486 titik lokasi. Pelaksanaan ujian CPNS online ini akan dilaksanakan di kantor BKN baik BKN pusat maupun Kantor Regional yang telah memiliki infrastruktur CAT CPNS sebanyak 150 titik. Adapun untuk kabupaten/kota yang belum memiliki infrastruktur CAT CPNS, maka Kemen PAN RB bekerjasama dengan Kemendikbud untuk melaksanakan ujian CPNS CAT online menggunakan aplikasi UKG terintegrasi CAT CPNS. Jumlahnya adalah sebanyak 336 titik lokasi.

Dalam rangka sosialisasi aplikasi ujian CPNS CAT online sehingga pelaksanaan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) nantinya menjadi lebih adil, transparan, objektif dan bebas KKN maka Kemen PAN RB telah mendesain sebuah aplikasi simulasi ujian CPNS online yang dapat diunduh secara gratis dan dapat dicoba sehingga peminat CPNS dapat mencoba aplikasi simulasi ini. Aplikasi simulasi ujian CPNS Online ini sama persis seperti ujian CPNS online yang sebenarnya. Yang berbeda tentu saja soal yang ditampilkan. Soal yang sesungguhnya baru akan tampil saat pelaksanaan ujian berlangsung. Namun demikian, hadirnya aplikasi ini memberi kesempatan kepada siapa saja yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS agar terbiasa dengan aplikasi ujian CPNS online. Aplikasi simulasi ujian CPNS online (CAT) dapat diunduh.

Aplikasi ini tidak memerlukan proses instalasi dan sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini cukup diunduh di link diatas, lalu diekstrak di komputer. Pengguna langsung dapat mengklik aplikasi dengan nama cat.exe untuk menjalankan aplikasi simulasi ujian CPNS CAT online. Cara menggunakannya pun tidak jauh berbeda dengan cara penggunaan aplikasi UKG terntegrasi CAT (Satria Online).

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Satria Online, yang membedakan hanyalah bahwa simulasi ini hanya menggunakan Mouse atau tombol panah/tab untuk berpindah opsi jawaban. Tidak seperti halnya Satria Online yang juga dapat menggunakan tombol keyboard A, B, C, D atau E untuk memilih salah satu opsi jawaban di dalam sistem CAT CPNS.

Leave a Reply